Harvest Moon Back to Nature
Event Yang Ada di Game
Panduan Harvest Moon
Back to Nature
Halo! Selamat datang di panduan Harvest Moon Back to Nature
Bagi yang ingin memainkan Game ini baik melalui PC/Leptop maupun android bisa kalian cek di sini
Semua Event di Game
Event Bersama Penduduk di Harvest Moon Back to Nature
1. Spring 1 Tahun Pertama
lokasi: halaman rumah
karakter: Mayor Thomas
ringkasan: menceritakan masa lalu pertanian dan menantangmu untuk mengerjakan petanian menjadi hidup kembali dalam kurun waktu 3 tahun
2. Spring 2 Tahun Pertama
lokasi: halaman rumah
waktu: 06:00AM
karakter: Mayor Thomas
ringkasan: mengajakmu berkeliling desa (pilihan ya/tidak)
lokasi: halaman rumah
waktu: 06:00AM (jika kamu menolak ajakan Mayor Thomas) / 08:00AM
karakter: Zack
ringkasan: menjelaskan perkejaannya sebagai pembeli barang hasil tambang dan pertanianmu
lokasi: gereja
waktu: 06:00AM – 11:00AM
karakter: Rick dan Karen
ringkasan: mereka menelusuri hutan dibalik gereja untuk mengingat kedatangan Pastor Carter sewaktu mereka masih kecil
lokasi: Clinik
waktu: 09:00AM – 05:00 PM
karakter: Elli
ringkasan: Elli menanyakan luka yang ada padamu saran: pilih sakit sekali (excruciating) dan Elli akan memberimu perban, lalu larilah ke rumah Ellen untuk memberikan Stu perban yang diberi Elli tersebut.
lokasi: Rumah Ellen
waktu: hanya terjadi setelah kamu dari klinik mendapat perban, selain itu tidak pernah terjadi.
karakter: Stu
ringkasan: kamu akan melihat Stu menangis, tanyalah dia dan berikan perban dari Elli. saran: Elli akan bertanya lagi padamu, kenapa kamu memberikannya. jawaban apapun sebetulnya sama saja tapi agar klop dengan cerita opsi pertama lebih baik agar kamu memiliki kesan pendengar yang baik bagi Elli.
lokasi: Supermarket
waktu: 11:00 AM – 04:00 PM
karakter: Jeff, Doctor, Sasha, Duke dan Karen.
ringkasan: Doctor datang berhutang kepada Jeff, dan Sasha kemudian setelahnya akan menegur Jeff agar jangan memberi hutang lagi, lalu datang Duke untuk mencoba berhutang dan dia akan menyapamu saran: jawab Duke dengan kamu harus bayar( you should pay) lalu Karen akan keluar dari kamarnya dan menagih uang dari Duke, ia pun berterima kasih padamu dan memperkenalkan dirinya.
lokasi: Inn
waktu: 11:00 AM
karakter: Doug dan Ann (opsional Cliff)
ringkasan: Saat kamu masuk Ann akan menyapamu, dan Doug memanggilmu Saran: Jawab dia lucu(She’s cute) , jika kamu menjawab dia periang (she’s cheerful) maka doug akan mengacuhkanmu dan memanggil cliff untuk ditanya, jadi jawab dia lucu (She’s cute) jika kamu ingin Doug senang
lokasi: Poultry Farm
waktu: 11:00 AM
karakter: Rick dan Popuri
ringkasan: Rick memarahi Popuri karena ada ayamnya yang mati oleh anjing liar saran: tanyalah rick lalu larilah ke hot spring (pemandian air panas)
lokasi: Hot Spring
waktu: hanya setelah dari Poultry Farm
karakter: Popuri
ringkasan: kamu akan menjumpainya sedang menangis Saran: jawab aku turut prihatin (My sympathy)
lokasi: Town Hall
waktu: 01:00 PM – 04:00 PM
karakter: Grey dan Mary
ringkasan: mereka akan mengobrol masalah keinginan grey
3. Kedatangan orang mencurigakan
lokasi: Depan Rumah
waktu: setelah keluar dari rumah
karakter: Harris dan Won
ringkasan: Event ini akan diperoleh pada awal permainan. Polisi akan berdiri di depan rumahmu dan mengatakan kalau ia melihat orang berpakaian kuning yang mencurigakan berkeliaran di desa. Pergilah ke alun-alun kota lalu ke rumah tukang kayu, Gotz, untuk menyelesaikan event ini.
4. Parfum
lokasi: Pantai
waktu: satu hari setelah terjadi badai di musim panas (Summer)
karakter: Harris dan Won
ringkasan: Didapatkan pada saat musim panas/Summer, setelah hari badai keesokan harinya pergilah ke pantai, maka kamu akan mendapatkan botol berisi surat, setelah itu kai akan datang dan akan menanyaimu, akan ada dua jawaban yaitu “yes, forever” dan “i may leave someday” pilihlah jawaban yang pertama maka kamu akan mendapatkan parfum tersebut dengan menukarkannya dengan botol berisi surat kepada kai dan jika kamu memilih yang kedua maka kamu akan mendapatkan botol berisi surat tersebut yang tidak berguna.
5. Gray membuat sebuah palu
Yang dibutuhkan: Berteman baik dengan Gray dan belum meng-upgrade rumah.
Waktu: Setelah keluar dari rumah pada pagi hari 06.00 PM Tanggal 1 musim gugur (Fall) tahun Pertama
Tempat: Di dalam rumahmu.
Kejadian: Setelah kamu bangun tidur, kamu kaget karena tiba-tiba Gray sudah ada di dalam rumahmu dan menyapamu. Dia curhat kalau kakeknya, Saibara, tidak mengizinkannya membuat alat; katanya masih 100 tahun lebih cepat. Dia ingin membuktikan kepada kakeknya kalau dia bisa membuat alat sendiri, maka dari itu Gray ingin meminjam water mill milikmu untuk membuat sebuah alat. 3-4 hari kemudian, Gray datang lagi dan dia bilang kalau dia sudah mencabuti semua rumput liar dikebunmu sebagai rasa terima kasihnya karena diperbolehkan meminjam water mill. Keesokan harinya Gray datang, katanya dia sudah membuat alat sendiri yaitu sebuah palu dan kamu diminta untuk mencobanya. Namun ternyata setelah dicoba, palu tersebut hancur; Gray pun tak bisa berkata apa-apa lalu bermaksud untuk pulang, akan tetapi Mary melihat kejadian barusan dan kemudian mereka berdua langsung pergi. Segeralah pergi ke Town Hall dan kamu akan melihat Gray dan Mary disana; Gray berkata kalau dia merasa tidak becus menjadi seorang pandai besi karena kejadian tadi, lalu Mary bertanya apakah Gray membaca buku yang dia berikan padanya? Gray mengiyakan dan berkata kalau dia akan segera mengembalikannya. Mary langsung memberitahu kalau Gray mirip sekali seperti karakter utama di dalam buku tersebut, yang mana dia langsung menyerah pada apa yang dia kerjakan. Gray langsung kesal mendengarnya dan bertanya apa maksud Mary mengatakan itu padanya? Mary beranggapan bahwa pada akhirnya, karakter utama tersebut akan mengubah jalan pikirannya dan berusaha lebih keras untuk mencapai tujuannya, memulai hidup dari awal. Mendengar kata-kata tersebut, Gray jadi menyadari maksudnya dan dia bilang kalau dia akan kembali ke Saibara Blacksmith dan belajar lagi, tak lupa juga dia ingin meminta maaf kepada Saibara karena sudah menyusahkannya beberapa hari ini. Keesokan harinya, Gray mendatangimu dan meminta maaf karena sudah menyusahkan beberapa hari ini dan kemudian dia berterima-kasih padamu.
6. Bola anjing
lokasi: Depan Rumah
waktu: setelah keluar dari rumah
karakter: Won
ringkasan: Won akan menawarkan bola seharga 100G. belilah bola tersebut dan latih anjingmu setiap hari agar memenangkan Festival Balapan Anjing.
7. Vas bunga
lokasi: Depan Rumah
waktu: setelah keluar dari rumah
karakter: Won
ringkasan: Di suatu pagi, Won akan kembali ke rumahmu untuk menawarkan Vas Bunga seharga 5.000G bila kamu telah selesai meng-upgrade rumahmu.
8. Blue Feather
lokasi: Depan Rumah
waktu: setelah keluar dari rumah
karakter: Won
ringkasan: Won akan kembali lagi ke rumahmu untuk menawarkan Blue Feather seharga 30.000G. Jangan beli darinya! Kamu dapat memperoleh bulu ini di supermarket seharga 1.000G.
9. Bekerja di Aja Winery
lokasi: Depan Rumah
waktu: setelah keluar dari rumah
karakter: Duke
ringkasan: Duke menawarkan kerja paruh waktu pada musim gugur (Fall) tahun pertama, carilah Cliff dan ajak ia untuk bekerja bersamamu. Jika tidak, Cliff akan meninggalkan desa karena merasa tidak memiliki cukup uang.
10. Foto kenangan Cliff
lokasi: Town Hall
waktu: winter tahun pertama saat hari bersalju
karakter: Cliff
ringkasan: di Town Hall Cliff akan melintasi salju dan pingsan di tengah salju. Kalian akan pergi ke Inn dan membawa Cliff ke Clinik. Di tas kalian sudah ada foto Cliff dan keluarganya, kembalikan langsung ke Cliff hari itu juga maka dia akan menceritakan tentang masa lalunya.
11. Badai salju di Mother’s Hill
lokasi: Depan Rumah Gotz
waktu: saat musim dingin (Winter)
karakter: Gotz
ringkasan: Pada musim dingin (Winter), pergilah ke rumah Gotz melalui jalan dari Poultry Farm dan ia akan memperingatkanmu tentang badai di pegunungan. Pergilah ke bukit tersebut dan kamu akan pingsan karena ada badai. Gotz akan menolongmu lalu menceritakan tentang keluarganya padamu.
12. Monster di Gunung
lokasi: Depan Rumah Gotz
karakter: Harris, Stu, Rick, Jeff, Gotz
ringkasan: pada musim gugur (Fall), beberapa penduduk mengeluh mengenai keberadaan monster yang ternyata adalah seekor monyet.
13. May merasa bosan
lokasi: Depan Rumah
waktu: setelah keluar dari rumah
karakter: May, Barley
ringkasan: May akan datang ke perkebunanmu dan menawarkan diri untuk menolongmu. Lalu Barley akan datang menyusul dan mengatakan kalau kamu sedang sibuk. Tetapi May berkata bahwa ia merasa bosan dan ingin melakukan sesuatu. Bila kamu menyuruhnya ke gereja, Stu akan datang dan mengajaknya bermain. Namun, bila kamu menyuruhnya ke rumah Ellen, kamu tidak akan menemui Stu di rumahnya dan kamu harus mengantar May ke gereja.
14. May menghilang
lokasi: Depan Rumah
waktu: setelah keluar dari rumah
karakter: Barley
ringkasan: May menghilang dan Barley memintamu mencarinya. Pada jam 6.00 P.M., pergilah ke dermaga dan kamu akan menemukan May di sana. Ia akan menceritakan tentang ibunya padamu. Dengarkan ceritanya, setelah itu May akan kembali ke rumah Barley.
15. Pertanyaan May
lokasi: Depan Gereja
karakter: May
ringkasan: May berkata ingin menikah denganmu, bila kamu menjawab “Yes”, ia akan menjadi sahabatmu. Namun, bila kamu menolaknya, kamu akan menjadi sahabat Stu.
16. Mendapatkan Kail
lokasi: Pantai
waktu: hari Jumat, Sabtu atau Minggu pada jam 08.00 A.M. – 10.00 A.M. atau 08.00 P.M. – 10.00 P.M.
karakter: Greg
ringkasan: Bila kamu menemuinya di dermaga untuk pertama kalinya, ia akan bertanya apakah kamu suka memancing. Bila kamu menjawab ya, ia akan memberikan sebuah kail padamu.
Saran: kosongkan 1 slot peralatan di tasmu sebelum pergi ke pantai.
17. Mendapatkan Pancingan
lokasi: Depan Rumah
karakter: Greg
ringkasan: Bila kamu telah memiliki 50 ekor ikan di dalam kolammu, Greg akan datang dan memberikan sebuah pancingan padamu.
18. Event bersama Louis
lokasi: Depan Rumah
karakter: Louis
ringkasan: Tanamlah bunga dikebunmu pada musim apapun (kecuali winter) dan lebah akan datang. Bawalah madu yang kamu dapat dari sarang lebah yang ada di pohon lalu berikan pada Louis. Hari berikutnya ia akan datang ke rumahmu dan menceritakan tentang lebah yang langka, dan madumu akan dihargai lebih tinggi.
19. Pertengkaran penduduk
lokasi: Inn
ringkasan: Pergilah ke penginapan pada saat musim panas (Summer) maka kamu akan melihat Kai dan para penduduk sedang bertengkar. Bila kamu membela para penduduk, mereka akan senang.
20. Pencuri makanan
lokasi: Inn
ringkasan: Kamu akan mendengar kabar ada yang mencuri makanan. Pergilah ke dapur penginapan yang biasanya terkunci, dan kamu akan menemukan bahwa pencuri tersebut adalah Nora, kucing penginapan.
21. Event bersama Ellen
lokasi: Rumah Ellen
waktu: Musim dingin (Winter)
karakter: Ellen
ringkasan: Berbicaralah pada Ellen sebanyak dua kali pada musim dingin (Winter) dan dia akan memberitahumu tentang Flower of Happiness (Bunga Kebahagiaan). Setelah itu pergilah lewat dari pukul 6.00 PM ke puncak gunung saat hari sedang bersalju dan kamu akan menemukan bunga tersebut. Keesokan harinya beritahu Ellen dan Basil kalau kamu telah melihat Bunga Kebahagiaan.
22. Anjingmu dititipkan
Barley akan datang dan memintamu menitipkan anjingmu di Yodel Ranch. Kemudian anjingmu akan bermain dengan Hana, anjing di Yodel Ranch selama beberapa hari. Kemudian akan ada kabar baik, Hana sedang hamil dan kamu akan mendapatkan seekor anak anjing. Kamu boleh memberikan anak anjing itu pada siapa saja.
23. Event bersama Jeff
lokasi: Supermarket
karakter: Jeff dan Sasha
ringkasan: Masuklah ke supermarket dan kamu akan mendapati Jeff sedang berbicara kepada Sasha. Jeff menggambar desa tempat kamu tinggal dan gambarnya terpilih menjadi pemenang. Setelah itu keluarlah dari supermarket kemudian masuk kembali. Kamu akan melihat Doctor, Carter, Doug, dan Duke datang ke supermarket untuk membayar utang, karena mereka mengira Jeff akan menutup tokonya karena membuat diskon besar-besaran. Tetapi sebenarnya diskon tersebut dibuat untuk merayakan kemenangan Jeff atas gambarnya yang terpilih menjadi juara satu.
24. Event bersama Harris
lokasi: Depan Rumah Saat keluar Rumah
waktu: 06:00PM
karakter: Harris
ringkasan: Setelah berteman dekat dengan Harris, ia akan datang menceritakan tentang Aja (putri Duke) dan menanyakan mengenai sebuah surat. Hari berikutnya pergilah ke rumah Duke, dan berbicaralah dengan Manna, dia terkejut karena Harris ternyata menyukai Aja.
25. Cahaya Misterius
lokasi: Depan Gereja
waktu: 05:00PM pada tahun ke 4
karakter: Harris
ringkasan: pada tahun ke 4 pergi ke gereja pada sore hari kamu akan menemukan Harris sedang kebingungan karena kejadian aneh akhri2 ini. Beberapa saat kemudian cahaya misterius akan lewat. Kemudian Harris mengajaknya masuk ke dalam gereja
26. Event Gourmet Berkunjung ke Desa
lokasi: Depan Pandai Besi
waktu: musim fall pada tahun ke 5
ringkasan: pergi ke depan rumah pandai besi maka kamu akan menemukan Gourmet sedang mencicipi beberapa makanan dari penduduk
27. Event Pencurian Anggur Wine
lokasi: Aja Winery
waktu: musim fall pada tahun ke 5
ringkasan: Duke sedang melaporkan kepada Harris Soal Wine nya yang telah dicuri. Masuk lah ke gudang penyimpanan Wine pada tengah malam dan kamu akan menemukan pencurinya.

